SEKILAS INFO
: - Sunday, 20-06-2021
  • 2 tahun yang lalu / Pelatihan Calon Wisudawan
  • 2 tahun yang lalu / Portal  Career Center Institut Teknologi Padang
Seminar Pengembangan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan BPLPKL

Program BPLPKL  adalah  program  bantuan  yang diberikan  untuk penyelenggaraan tracer study ditingkat  Perguruan Tinggi  yang  dilaksanakan  oleh  Pusat  Karir  Perguruan Tinggi dengan durasi  pelaksanaan  Tracer Study adalah 8 bulan dimulai sejak April sampai November 2018.

Institut Teknologi Padang sebagai salah satu perguruan tinggi yang berhasil lulus proposal pada program ini telah melaksanakan tracer study sebagai salah satu program kerjanya dengan periode April – November 2018. Subjek Tracer Studynya adalah lulusan tahun 2016.1 dan 2016.2. Hasil Tracer Study ini dipresentasikan  pada  acara  Seminar  Pemaparan  Hasil  BPLPKL  yang  diselenggarakan  oleh  Direktorat  Kemahasiswaan,  Ditjen  Belmawa,  Kemristekdikti di  Bali pada tanggal 13-14 November  2018.

Program  tracer  study  ini melibatkan  subyek  seluruh  lulusan  Perguruan Tinggi  dua  tahun  sebelumnya  (yaitu lulusan tahun 2016-2) di PT pengusul yang diunduh dari Pangkalan Data  Perguruan Tinggi (PD-Dikti).

Pusat karir Institut Teknologi Padang berhasil mendapatkan data sebesar 35% dari jumlah lulusan pada tahun 2016. Hasil dari tracer study ini menjelaskan dari 143 responden 41% memiliki hubungan yang sangat erat antara pekerjaan dengan bidang studi, 14 % memiliki hubungan erat, 26% memiliki hubungan cukup erat dan 19% memiliki hubungan kurang erat.

Selain program kerja Tracer Study, program kerja lainnya yang dilaksanakan pusat karir ITP adalah kunjungan perusahaan/Instansi. Dari Periode April hingga November 2018, Pusat karir ITP telah mengunjungi 4 perusahaan diantaranya, PT. Kunango Jantan, PT. ICON+, PT. PLN P3B dan PT. PLN Wilayah. Dari kunjungan ini diperoleh data masing-masing perusahaan bersedia menerima mahasiswa Institut Teknologi Padang dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika. Diharapkan Institut Teknologi padang dapat bekerjasama dan terus menjalin silaturahmi dengan para stakeholder dari berbagai perusahaan.

Selanjutnya pusat karir ITP juga telah mengadakan seminar menghadapi dunia kerja yang diperuntukan kepada calon wisudawan ITP ke-69. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada tanggal 08 November 2018 di Aula kampus ITP. Seminar dengan peserta 105 calon wisudawan ini mendapatkan berbagai apresiasi dari calon wisudawan dengan memberikan masukan-masukan agar kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin. Kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat terhadap calon wisudawan karna membekali mereka untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

CC ITP

Career Center ITP

NPSN : -

Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo
KEC. Nanggalo
KAB. Padang
PROV. Sumatera Barat
KODE POS 25143
TELEPON 0751-7055202
FAX 0751-7055202
EMAIL bitkom@itp.ac.id